Pendidik perlu memahami keseluruhan capaian pembelajaran, mulai dari rasional, tujuan, dan karakteristik mata pelajaran. Rumusan capaian pembelajaran perlu dianalisis untuk menyusun alur tujuan pembelajaran. Setelah itu pendidik merancang pembelajaran dan asesmen dari alur tujuan pembelajaran yang sudah disusun. (PPA 2024 h.11)
Cara melakukan Analisis CP
Berdasarkan alur tujuan pembelajaran yang telah disusun, pendidik dapat memilih tujuan pembelajaran untuk dikembangkan menjadi perencanaan pembelajaran. (PPA 2024 hal.12).
Capaian Pembelajaran disusun dan sudah disesuaikan dengan kemampuan peserta didik pada umumnya. Jika ada peserta didik memiliki kebutuhan belajar diatas CP, maka bisa dilakukan pengayaan atau pendalaman. (PPA 2024 hal.16)
CP dirancang dengan banyak merujuk kepada teori belajar Konstruktivisme dan pengembangan kurikulum dengan pendekatan “Understanding by Design” (UbD) yang dikembangkan oleh Wiggins & Tighe (2005). Dalam kerangka teori ini, “memahami” merupakan kemampuan yang dibangun melalui proses dan pengalaman belajar yang memberikan kesempatan kepada mereka untuk dapat menjelaskan, menginterpretasi dan mengaplikasikan informasi, menggunakan berbagai perspektif, dan berempati atas suatu fenomena. Dengan demikian, pemahaman bukanlah suatu proses kognitif yang sederhana atau proses berpikir tingkat rendah. (PPA 2024 hal.17).
Langkah-langkah melakukan Analisis Capaian Pembelajaran secara mendalam:
- Mengurai CP menjadi TP
- Menntukan kompetensi esensial
- Menentukan lingkup materi,
- Mengembangkan kedalaman materi dengan sub lingkup materi,
- Memetakan kelas serta semester
- Merumuskan indikator ketercapaian tujuan pembelajaran beragam untuk keberagaman karakteristik peserta didik
- Menyusun Instrumen soal dan rubriknya untuk instrumen yang beragam
- Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
- Menyusun Rencana Asesmen Sumatif yang beragam sesuai karakteristik peserta didik
- Menyusun Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran KKTP yang berpihak pada peserta didik
Semoga Bermanfaat.
Bacaan lainnya:
Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka
Aplikasi Raport dikembangkan berdasarpan Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka tahun 2024.
Aplikasi Raport Projek P5 Kurikulum Merdeka
Aplikasi Raport Projeck dikembangkan berdasarpan Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tahun 2022/2024.
Aplikasi Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka
Aplikasi ini bersifat Online Ofline. Maknanya, proses pengumpulan data dikemas pada kuosioner online, sehingga kepala sekolah maupun tim supervisor cukup menggunakan HP Smartphone untuk melakukannya.
Terima Kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar