Pendidik mampu menyediakan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, melalui interaksi aktif dan empatik, serta memperhatikan kebutuhan belajar murid.
Perencanaan Pembelajaran
Berikut adalah ciri sekolah yang memiliki perencanaan pembelajaran yang efektif:
- Mengembangkan kurikulum satuan pendidikan yang sesuai kebutuhan belajar murid dan selaras dengan Kurikulum Merdeka
- Menjadikan kurikulum di tingkat satuan menjadi rujukan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran di kelas
- Merencanakan pembelajaran di kelas yang bertujuan untuk memandu proses belajar agar lebih efektif
- Menyusun rencana pembelajaran yang menjabarkan tujuan pembelajaran, strategi kegiatan pembelajaran, strategi asesmen untuk mengetahui apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai
Pelaksanaan Pembelajaran dan Asesmen
Berikut adalah pembelajaran dan asesmen di kelas yang kita inginkan:
- Memahami kompetensi yang perlu dicapai murid dan mengintegrasikannya dalam proses pembelajaran.
- Memfasilitasi proses belajar yang mendorong murid untuk merefleksikan keterhubungan materi dengan kehidupan nyata.
- Membangun kepercayaan diri murid dalam mengutarakan dan mengkritik ide, berani mencoba dan berkarya, serta berbagi pengetahuan.
- Menciptakan proses belajar yang interaktif dan menumbuhkan kecintaan murid terhadap ilmu dan proses belajar itu sendiri.
- Menerapkan asesmen yang menghargai keragaman laju perkembangan murid tanpa memberikan label.
Manajemen Kelas
Berikut adalah ciri sekolah yang menerapkan manajemen kelas dengan baik:
- Membangun suasana belajar yang fokus sehingga murid optimal dalam mendapatkan manfaat belajar
- Menghindari tindakan agresif, baik verbal maupun non-verbal, dalam mengelola perilaku siswa
- Menyusun kesepakatan belajar secara partisipatif bersama murid
Dukungan Sosial Emosional
Berikut adalah ciri sekolah yang memberikan dukungan sosial emosional bagi murid:
- Membangun kepercayaan diri murid untuk terus berusaha mengembangkan dirinya
- Menjaga interaksi yang setara dan saling menghargai antara pendidik dan murid
- Memberikan perhatian dan bantuan ekstra kepada murid yang memerlukan dukungan lebih banyak dari yang lain
- Memberikan umpan balik terhadap hasil karya dan perilaku murid secara konstruktif
Semoga Bermanfaat.
Bacaan lainnya:
Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka
Aplikasi Raport dikembangkan berdasarpan Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka tahun 2024.
Aplikasi Raport Projek P5 Kurikulum Merdeka
Aplikasi Raport Projeck dikembangkan berdasarpan Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tahun 2022/2024.
Aplikasi Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka
Aplikasi ini bersifat Online Ofline. Maknanya, proses pengumpulan data dikemas pada kuosioner online, sehingga kepala sekolah maupun tim supervisor cukup menggunakan HP Smartphone untuk melakukannya.
Terima Kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar